Macam-macam Versi OS Android Lengkap

Android saat ini semakin berkembang pesat, hamper disemua merk handphone menggunakan system operasi ini, namun banyak pengguna yang belum tau apa itu android, sejarahnya hingga macam-macam versinya. Disini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang system operasi android.  Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Linux untuk Smartphone dan Tablet PC. Android menyediakan platform Open source/ bersumber terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri.

Pada Awalnya  Android adalah milik perusahaan bernama Android, Inc.  Pada tahun 2005 dibeli oleg Google Inc. dan dirilis pada tahun 2007 secara resmi, yang bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan telekomunikasi , perangkat lunak, dan perangkat keras yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Handphone pertama yang menggunakan Android adalah HTC Dream yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Saat ini sudah ada beberapa versi OS Android yang digunakan pada Handphone dengan bebrbagai merk, berikut macam-macam versi OS Android:


Android Alpha
Rilis sekitar awal 2007, merupakan sistem operasi  dalam proses pengujian resmi dan dalam tahap pengaturan fitur seperti  bug dan crash di dalam sistemnya. Sumber dayanya masih buruk, dan belum fungsional.

Android Beta
Rilis pada bulan November 2007, merupakan versi komersial pertama yang masih dalam tahap siklus pengembangan dan masih dalam aspek uji coba. Butuh banyak yang harus dioptimalkan, fiturnya yang masih belum maksimal, terutama dari segi interface dan grafis.

Android Versi 1.0 (Angel Cake)
Rilis pada tanggal 23 September 2008. Inilah Android yang dikembangkan secara berkelanjutan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA). Dari sinilah OS Android mulai memberikan harapan yang luar biasa . Open source OS pertama di dunia mobile yang diberikan produsen, kode pengembang untuk lebih kreatif dengan desain antarmuka pengguna, widget dan aplikasi, namun belum menampilkan perkembangan yang signifikan, karena masih belum banyak peminat yang tertarik. Pada tahap ini Google memiliki obsesi dengan memberikan setiap rilis OS dengan nama berbasis kue.

Android Versi 1.1 (Bettenberg)
Rilis 9 Februari 2009. Kli ini menggunakan nama makanan penutup sebagai julukan, Android menyebutnya 1.1 Battenberg. Pembaruan versi ini tidak membawa banyak fitur baru, hanya beberapa tweak di sana-sini dan perbaikan beberapa bug namun kinerja keseluruhan menjadi lebih baik

Android Versi 1.5 (Cupcake)
Rilis 30 April 2009, Android mulai terasa perkembangannya. Fitur Android Cupcake cukup membuat perhatian sehingga banyak orang yang mulai menggunakannya. Fitur dari Android Cupcake diantaranya, Mampu upload video ke YouTube atau Gambar ke Picasa langsung dari seluler, Aplikasi Searching yang lebih optimal, dan Bluetooth A2DP.
   
Android Versi 1.6 (Donut)
Rilis 15 September 2009, Donut hadir dengan banyak fitur tambahan termasuk Google Maps dengan turn-by-turn navigation. Android Market menjadi tempat yang mudah untuk berbelanja aplikasi , sedangkan suara dan fasilitas pencarian suara lebih akurat untuk nama namun hanya beberapa. Beberapa fitur yang dikembangkan di versi ini meliputi fitur Gallery yg lebih user friendly, proses searching yg optimal, mendukung resolusi layar WVGA.

Android Versi 2.0 (Eclair) 26 Oktober 2009
Android Versi 2.0.1 (Eclair) 3 Desember 2009
Android Versi 2.1 (Eclair) 12 Januari 2010
Dirilis dengan 3 versi namun dengan 1 nama dalam waktu yang tidak lama, Android Enclair lebih berfokus pada pengoptimalan hardware karena terlihat dari tidak terlalu banyak fitur utama. User Interface dan Web Browser yang berubah dari versi sebelumnya, daftar kontak yg elegan, Bluetooth 2.1 unggul dalam kecepatan transfer data , Aplikasi Google Map yg ditingkatkan, kamera 3,2 Megapixel yang didukung flash dan fitur Live Wallpaper di homescreens.

Android Versi 2.2–2.2.3 (Froyo)
Rilis 20 Mei 2010, Android Froyo merupakan singkatan dari Frozen Yogurt yang dilengkapi dengan fitur Adobe Flash 10.1. Kecepatan kinerjanya pun sudah 3 sampai 5 kali lebih cepat dari sebelumnya. Sudah menunjang HD Quality Video,  USB tethering dan hotspot Wi-Fi, serta dukungan untuk Adobe flash 10.1 untuk menonton video dari Web Browser telepon. Menyimpan aplikasi dalam MMC/SD Card, Auto Update di Android Market.

Android Versi 2.3–2.3.2 (Gingerbread) 6 Desember 2010
Android Versi 2.3.3–2.3.7 (Gingerbread) 9 Februari 2011
Android Gingerbread ini juga memiliki 2 versi,  Google memperkenalkan NFC (Near Field Communications) teknologi yang akan membiarkan penggunanya melakukan pembayaran mobile untuk menerima info dan barang gratis. Kontak internet diintegrasikan ke buku telepon pengguna, QWERTY virtual didesain ulang untuk mengetik lebih akurat. Kualitas dan performa Android Gingerbread di optimalkan pada fitur-fitur seperti game, audio, video, kamera, serta fungsi penerapan copy paste nya. Fitur dalam versi ini berupa Keyboard Virtual degan word selection, User Interface hemat energy,  App Control,  Power Management, Support Kamera lebih dari satu.

Android Versi 3.0 (Honeycomb) 22 Februari 2011
Android Versi 3.1 (Honeycomb) 10 Mei 2011
Android Versi 3.2 (Honeycomb) 15 Juli 2011
Rilis 2 Februari 2011, merupakan versi yang dikhususkan untuk perangkat tablet. Perubahan yg dilakukan pada Android HoneyComb cukup besar, hal ini dimaksudkan agar tampilan Android HoneyComb terkesan lebih elegan dan profesional. Salah satu aplikasi pada versi ini adalah Built-in Video Calling Google Talk yg membuat komunikasi anda lancar. Highlights termasuk optimasi untuk berbagai ukuran layar yang lebih luas, baru "zoom-to-fill" kompatibilitas mode layar, kemampuan untuk memuat file media secara langsung dari kartu SD, dan perluasan dukungan layar API.

Android Versi 4.0–4.0.2 (Ice Cream Sandwich ) 19 Oktober 2011
Android Versi 4.0.3–4.0.4 (Ice Cream Sandwich) 16 Desember 2011
Android Versi ini merupakan keluaran pertama Android yang mempunyai fitur membuka kunci degan pengenalan wajah. Penampilan Interfacenya yang bersih dan lembut membuat user nyaman dan puas degan kualitasnya. Android Ice Cream Sandwich memiliki font yang simpel dan elegan namun cukup unik, nama font-nya adalah Roboto. Anda juga dapat mengubah ukuran widget seperti keinginan.

Android Versi 4.1 (Jelly Bean) 9 Juli 2012
Android Versi 4.2 (Jelly Bean) 13 November 2012
Android Versi 4.3 (Jelly Bean) 24 Juli 2013
Android  versi 4.1 mempunyai fitur yang sistem operasinya telah diperbaharui seperti,  pencarian menggunakan Voice Search yang cepat, informasi cuaca yang akurat, mempunyai fitur keyboard virtual yang lebih baik, mempunyai baterai yang cukup hemat, dan lain-lain. Versi berikutnya Android 4.2, memiliki Sistem Operasi yang ringan dan cepat, Teknologi Project Butter yang berfungsi meningkatkan responsifitas sangat bagus, Full Chrome Browser untuk menjelajah internet, sehingga pengguna dapat memakainya seperti pada komputer. Fitur lain yang diperbarui adalah Notifications, Smart Widget, Google Now, Google Assistant, Barrel Roll, serta Face Unlock degan Liveness Check. Android Jelly Bean versi 4.3 lebih fokus pada pembaruan minor. Memiliki dukungan Multi-User degan Restricted Profiles, sehingga mampu mengontrol penuh penggunaan aplikasi yang tersedia untuk profile user yang pengguna buat. Smart Bluetooth hemat daya, mendukung Open GL ES 3.0, performa grafis yang keren dan terlihat lebih realistis, mendukung DRM Framework.

Android Versi 4.4 (KitKat)
Rilris 31 Oktober 2013, dalam versi ini android semakin lebih baik dan canggih, hal ini terlihat dari desain icon yang unik, fitur SMS yang terintgrasi langsung ke aplikasi Google Hangouts, navigasi status Bar degan tampilan baru, fasilitas Could Printing, Interface yang halus, mampu mengakses aplikasi kamera dari layar yang terkunci , mendengarkan perintah suara dari Google Now.
    .
Android Versi 5.0 (Lollipop)
15 Oktober 2014, merupakan versi stabil terbaru dari sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Perubahan yang menonjol dalam versi  Lollipop adalah user interface yang didesain ulang dan dengan dibangun dalam bahasa desain yang disebut sebagai "material design".  Perbaikan pemberitahuan, yang dapat diakses oleh pengguna dari lockscreen dan ditampilkan pada bagian atas screen. Google juga membuat perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan untuk meningkatkan serta mengoptimalkan penggunaan baterai.

Android Versi 6.0 (Marshmallow )
Rilis 30 September 2015, Android Marshmallow menawarkan beberapa hal baru berupa Android security patch level yang diikuti keterangan tanggal, fitur akses cepat ke menu pengendaian dengan suara, Google juga memperbaiki tampilan animasi notifikasi , baterai lebih irit dengan modus “doze”, fitur Now On Tap, untuk memperbaiki kemampuan Google Now.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Macam-macam Versi OS Android Lengkap"

  1. gw nyari di google: handphone yang android versi 5.0 dan 6 eh mampir kemari. salam kenal dan sukses selalu yah admin
    masray
    hammer of thor

    ReplyDelete
  2. sekarang sudah sampai versi os N yaa, cepet banget...
    http://cody.id/produk/lem-lcd-touchscreen/

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat menarik. Terima kasih atas penjelasannya tentang Macam - macam versi OS Android. Ternyata OS Android bukan hanya Lollipop (5.0) seperti yang saya pakai saja, ternyata masih ada banyak yang lainnya seperti ICS dan semua nama - nama OSnya unik - unik. Keren.

    Izin share blog ya. Kalau berkenan kunjungi blog sederhana saya di:
    https://ahmadsi2b.blogspot.co.id/

    dan kunjungi pula :
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  4. Artikel yang sangat menarik. Terima kasih atas penjelasannya tentang Macam - macam versi OS Android. Ternyata OS Android bukan hanya Lollipop (5.0) seperti yang saya pakai saja, ternyata masih ada banyak yang lainnya seperti ICS dan semua nama - nama OSnya unik - unik. Keren.

    Izin share blog ya. Kalau berkenan kunjungi blog sederhana saya di:
    https://ahmadsi2b.blogspot.co.id/

    dan kunjungi pula :
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  5. Macam-Macam Versi Os Android Lengkap - Sebelas2Sembilan >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Macam-Macam Versi Os Android Lengkap - Sebelas2Sembilan >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Macam-Macam Versi Os Android Lengkap - Sebelas2Sembilan >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Mk

    ReplyDelete